Shit Happens in Life

Apa sih kepanjangan WC?
August 11, 2015
Apa itu Robot.txt dan apa fungsinya?
August 12, 2015
Show all

Shit Happens in Life

Shit happens in life….yah it always happens. Setiap orang pasti akan menemui kesialan dalam hidupnya, namun jika kesialan itu datang bertubi-tubi….c’est la vie!

Seperti yang terjadi pada hariku, dan aku menyadarinya saat membawa langkahku ke ATM BCA. Pda saat didepan ATM, ternyata BCA Passport ku ga ada di dompet! Dan sialnya hanya itu seharusnya atm yang tersisa di dompetku. Kartu-kartu yang lain tinggal BCA Flazz dan Mandiri e-Money, yang ternyata baru aku ketahui semuanya belum sempat aku topup! Kesialan pertama.

Setelah mengingat-ingat bagaimana kartu atmku menghilang dari dompet, aku baru menyadari semalam sebelumnya aku ke indomaret untuk beli rokok sekalian ambil uang. Memang sudah menjadi kebiasaanku untuk hanya membawa uang cash secukupnya, karena aku termasuk orang yang susah mengontrol kalo udah bawa cash. Itu lah sebabnya saat ini aku ga bawa cash sama sekali.

Setelah putar otak aku mencoba menemukan jalan keluar, melalui DOKU Wallet!. Yang belum tahu apa itu DOKU Wallet, silahkan baca dari website resmi mereka.Ternyata "hampir" benar dugaanku, aku bisa tarik tunai doku wallet di alfamart atau jaringan K24, asal ada saldonya :p. Karena satu-satunya aktifitasku di doku wallet cuma registrasi dan konfirmasi, setelahnya aku belum pernah menggunakan doku wallet, baik untuk pembayaran, topup, ataupun pembelian barang.

OK berarti aku harus topup dulu, dan disini mulai ada masalah. Rekeneing yang digunakan untuk topup hanya satu, dan itu menggunakan BNI. Aku masih punya token mBCA di tangan, so masih bisa melakukan transaksi perbankan via online. Tapi sayang aku hanya bisa bebas melakukan transfer ke sesama BCA, bisa untuk antar bank tapi rekening tersebut harus didafarkan lebih dulu. Dan untuk mendaftarkan rekening di luar BCA, harus konfirmasi via no HP yang terdaftar! Damned lagi-lagi melibatkan no. hp. Lagian aku juga ga tahu detal dari rekening BNI yang dipakai oleh Doku, karena untuk mendaftarkan rekening di luar BCA, kita harus mengisi form kota asal dan cabang dari rekening tersebut.

Lalu aku mengontak orang rumah via sms melalui freesms4us (karena satu dan lain hal aku juga lagi ga mau menggunakan hp saat ini). Lalu aku mengirimkan uang ke mereka dengan maksud agar mereka bisa topup ke saldo DOKU ku via alfamart.

Setelah sekian menit, ada sms balasan di inbox freesms4us, yang menginformasikan MTCN, no ref dan tanggal berlaku MTCN tersebut. MTCN? Money Transfer Code Number? dari situ aku sudah mulai curiga! Bukannya topup itu sangat berbeda dengan transfer/kirim uang? kok dapet MTCN, dan setahuku yang dibutuhkan untuk topup doku adalah Doku ID dan kita request token via web ataupun mobile.

Dan benar saja, ternyat bukan topup doku, tapi Dompetku, sebuah sistem pengiriman uang yang baru di launch Indosat. Kata orang rumah, waktu bilang doku, dikasihnya itu. Ini apa orang alfa mart yang salah denger doku jadi dompetku (hampir mirip bukan?) atau orang alfamartnya aja yang bego ah??? Kesialan kedua.

Namun cerita masih berlanjut. Aku sebenarnya masih belum tahu kalo itu menggunakan Dompetku Pengiriman Tunai, tapi setalh searching dengan keyword "MTCN" dan "alfamart", baru tahu kalo yang menggunakan MTCN adalah Dompetku dan WesternUnion. Distitulah kadang saya merasa sedih... :D

Oh ya sebelumnya, stelah tahu itu menggunakan Dompetku dan aku abaca ada kode pembatalannya, aku kembali sms orang rumah agar dibatalkan aja trus ganti topuo DOKU, tapi ga ada respond, mungkin freesms4us sedang error meskipun di outbox keterang smsnya terkirim semua.

Lalu aku coba ke alfamart, setlah dimasukkan MTCN ternyata keterangannya kupon tidak ada...or something like that lah....

Setelah berkali-kali dicoba, hasilnya tetep sama. Lalu aku coba pindah ke alfamart yang lain, nah yang ini malah belum dicoba mbak-nya udah jawab ga bisa. Sempet ngoto kalo Dompetku itu cuman bisa topup dan buat belanja. 15 menitan di alfamart kedua, lalu aku pindah ke alfamart yang lain lagi. Setelah di cek mas-mas-nya dia bilang kalo Dompetku ga bisa/belum tersedia untuk alfamart yang type franchise (???? emang dibedain fiturnya yah? baru tahu....), setalh dapat info alfamart yang..... (lagi mikir & inget-inget namanya, lupa ah, kita sebut aja bukan franchise ya) bukan franchise, langsung menuju kr KTP TKP.

Nah disini agak sedikit ngerti mbaknya, jika dibanding dengan alfamart ke dua (padahal alafamart pertama dan terakhir ini lebih kecil dari yang ke dua). Namun setelah di coba, mbaknya juga masih tetep bingung, dia bilang setahu dia kita nanti menerima token dari Indosat, begitu katanya. Lalu aku segera mencari warnet terdekat untuk mencari tahu apa dan bagaimana Dompetku tersebut.

Setelah aku searching dan buka di websitenya Indosat, ternyata memang ada dua jenis layanan keuangan dari Indosat, sama-sama menggunakan brand DOMPETKU, namun keuanya sangat jauh berbeda. Benar kata mbaknya yang di alfamart terakhir itu, layanan dompetku dari indosat merupakan value added service bagi pengguna Indosat, intinya layanan ini adalah e-money seperti T-cashnya telkomsel, BBM money atau bahkan seperti produk e-money dari bank-bank di Indonesia yang saat ini mulai menjamur. Layanan ini bisa dbilang menjadikan telepon seluler kita sebagai alat pembayaran dan ATM berjalan. Bisa di topup, untuk pembelian, atau bahkan transfer antar pengguna.

Nah sedangkan layanan yang satunya, sama-sama memakai/ada nama dopetku juga (lengkapnya adalah Dompetku Pengiriman Tunai), namun fungsinya sangat jauh berbeda. DPT ini seperti Western Union, yaitu layanan pengiriman uang tanpa rekening bank. Untuk lebih jelasnya silahkan baca-baca di websitenya Indosat ya hehehehe.

Setalah mendapat info tersebut, aku balik lagi ke alfamart yang terakhir tadi. Lalu kembali nomor kode pengirimannya (MTCN) dimasukkan, ternyata keterangannya masih sama, kupon tidak tersedia (berarti di alfamart pertama tadi udah bener yak?). Karena tadi sore orang rumah juga menyertakan no telp org alfamart yang melayani pengirimannya, maka dengan meminjam nomor telpon alfamart tersebut saya menghubungi nomor itu. Dan jedddaaaarrrrrrrrrrrrrr.....

"Iya mas itu tadi menggunakan dompetku", kata orang alfamartnya.
"Tapi saya kan meminta topup DOKU mas...." kata saya selanjutnya
"Maaf mas saya dengarnya dompetku...hehehehe" (What the fuck???)
"Yaudah mas, tapi kalo pake dompetku, kok ini dicoba disini gak bisa-bisa yah?"

jengjreeenggg.....

"Iya mas maaf, tadi saya udah batalkan dari sore tadi, karena katanya ktp mas kan ga bisa, otomatis ga bisa diambil juga, tadi bapaknya jjuga udah kesini...."

krikkk..krrikkkrrikkkkk...krriikkk..kriikkkkk suara jangkrik lagi galau...

A Big Question Mark!

  1. Kok bisa bisanya salah denger? iya sih dompetku dan doku mungkin terdengar agak mirip jika kita mengucapkannya dengan cepat, DOmpetKU
  2. MTCN gagal diverifikasi udah sejak sore tadi, berarti hanya beberapa menit mungkin dari transfernya.
  3. Ini juga orang rumah, iya sih memang aku suruh cancel aja, tapi aku juga nambahin lagi kata-kata ganti ke DOKU, tapi ini ga ada konfirmasi udah di cancel, ga di topup ke doku juga....

Ah...memang kalo kita udah apes...mau gimanapun tetep aja apes. Kita nikmati aja...semoga habis gelap terbitlah terang :P

0 Comments

  1. […] di Alfamart ini terjadi beberapa waktu yang lalu. Seperti yang di ketahui saya mengalami kejadian kehilangan tas beserta dompet dan hp. Setelah dengan berbagai pertimbangan, akhirnya saya memutuskan untuk mengandalkan Doku Wallet […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *